Jumat, 22 Mei 2009

Tanda-Tanda orang pakai Narkoba !

untuk mengetahui anak tersebut sudah bermasalah dengan narkoba yakni semakin jarang ikut kegiatan keluarga, berubah teman, jarang mengenalkan teman-temannya yang baru. Mulai melupakan tanggungjawab rutinnya di rumah, tidak memperdulikan peraturan di rumah bila dimarahi, makin menjadi-jadi dengan menunjukkan sikap membangkang.

Sering pulang telat jam malam, sering pergi ke disko, mall, atau berpesta dengan teman. Menghabiskan uang tabungannya dan selalu kehabisan uang serta menggadaikan barang milik pribadi dan keluarga.

Sering mencuri uang dan barang-barang berharga di rumah, meminta uang dengan alasan yang tidak jelas, meminta kebebasan yang berlebih, tak mau peduli kebutuhan keluarga, sering menginap di rumah teman, jarang di rumah dan tidak mau makan bersama keluarga, mengunci diri di kamar mandi. Batuk-batuk atau filek yang berkepanjangan, sering pusing, mudah marah dan gampang tersinggung.

so, tips dari kita adalah...

anak narkoba itu, jangan di jauhin. yha, walaupun mereka emang susah buat di deketin, susah buat di ajak berkomunikasi dengan sekitarnya... buatlah mereka para pengguna narkoba sadar bahwa mereka masih punya temen-temen yang menyayangi dia. jangan biarkan dia berteman dengan pengguna narkoba. seperti kata pepatah... yang bilang kalau kita berteman pasti kena wanginya juga. carilah teman yang tidak menjerat kita kepada jalan yang salah. tapi, kalau kalian tidak bisa berkomunikasi dengan mereka, lebih baik jangan di paksa. bisa menyinggung perasaan mereka,loh !

tips lainnya, orang tua atau masyarakat yang menemui orang dengan tanda-tanda di atas sebaiknya segera melaporkannya untuk pencegahan awal. komitmen kapolda meminta masyarakat untuk melapor. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar